Berita

Berita Pendidikan

(0 pemilihan)

Cerita Muhammad Amin Lulus sebagai CEO Kepala SMK dalam Program Diklat di Bogor Pilihan

Muhammad Amin, Kepala SMK-PP Negeri Saree lulus dengan “Sangat Memuaskan” dalam Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Peningkatan Kapabilitas Manajerial Kepala SMK Berbasis Industri yang diselenggarakan oleh Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). 

Kegiatan ini berkerjasama dengan Lembaga Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia sejak 5 Oktober 2020 hingga 9 Desember 2020 di Bogor dengan waktu 549 jam pelajaran.

Selama kegiatan tersebut berlangsung secara daring dan luring, 20 hari daring dan 50 hari secara luring.

Adapun pemetaan peserta program peningkatan kapabilitas dan manajerial Kepala SMK berbasis Industri tahun 2020 diantaranya ditempatkan di Lembaga Manajemen FEB UI, Fakultas Ekonomi Manajemen IPB, FEB Universitas Brawijaya, Sekolah Bisnis dan Ekonomi Universitas Prasetiya Mulya dan Binus University.

“Alhamdulillah lulus dan mendapatkan suatu kebanggaan karena yang ikut ini yang terpilih setelah diseleksi oleh Kementerian Pendidikan,” ujar Muhammad Amin.

Dalam kegiatan tersebut, Amin mempromosikan empat jenis produk prototype untuk usaha yang dipresentasikan langsung di depan Dosen UI.

“Mereka juga sangat antusias karena kita ada bawa produk yang dihasilkan langsung dari sekolah, dewan juri sangat bangga,” ucapnya.

Muhammad Amin membawa produk dari buah jeruk, tidak sekadar buah jeruk yang hanya bisa dikonsumsi dalam bentuk buah, namun bisa dikonsumsi dalam bentuk olahan turunan dalam berbagai varian.

“Dari olahan turunannya seperti sirup dan minyak dari kulit jeruk. Kami di sekolah sudah bisa memproduksi ini,” kata Muhammad Amin.

Selama pelatihan berlansung, ia dilatih untuk menyusun program sekolah, cara melahirkan produk, kemudian cara bekerjasama dengan industri-industri, mitra perbankan.

Setelah ini berjalan, ia mengharapkan bisa melatih guru-guru dan siswa-siswa SMK lain, serta para petani yang ingin belajar pengembangan usaha.

“Kami berharap dengan capaian ini bisa membagi ilmu ini kepada sekolah lain yang ada di Aceh sehingga kita bisa maju bersama. Kemudian kami ingin jadikan sekolah SMK-PP Saree menjadi pusat centre of excellent,” pungkasnya.

Baca 965 kali Terakhir diubah pada Sabtu, 03 Juli 2021 08:32
Burni

Mudahkanlah, jangan dipersulit!

Cari

Pengunjung

1680857
Hari ini
Minggu Lalu
Bulan lalu
Semua
334
1672775
33794
1680857

Your IP: 3.87.250.158
2022-01-24 07:25