Berita

Berita Pendidikan

(0 pemilihan)

Dukung Panen Raya Padi dan Cabai Organik, D'Energy Cafe Kolaborasi dengan SMK-PP Negeri Saree Pilihan

D' Energy Cafe & Aceh Traditional Food yang beralamat di Lamsayuen, Meunasah Manyet, Aceh Besar, resmi bekerja sama dengan Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian (SMK PP) Saree selaku pelaku industri pertanian padi dan cabai organik di Lembah Seulawah, Aceh Besar.

Owner D'Energy Cafe & Aceh Traditional Food, Nahrawi Nurdin, mengatakan langkah tersebut sebagai bentuk komitmen dalam mendukung kemajuan pertanian sekaligus Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Aceh.

"Alhamdulillah pagi ini penuh berkah tiba-tiba di undang acara panen raya tanaman cabai dan padi higenis hasil SMK Saree yang siap kita sajikan sebagai makanan dan minuman higenis di Cafe D' Energy," kata Nahrawi kepada KBA.ONE, melalui pesan WhatsApp, Kamis, 19 Agustus 2021.

Nahrawi menyebutkan kerja sama tersebut meliputi jual-beli. Kemudian, hasil tanaman padi dan cabai organik itu akan dimanfaatkan sebagai sajian makanan dan minuman di D'Energy Cafe.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdin) Wilayah Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar, Mohd Iqbal, berharap melalui program kerjasama ini dapat memberikan akses kepada petani di SMK Saree untuk memasok kebutuhan di D'Energy Cafe.

"Sehingga resto akan lebih efisien dan memperoleh bahan baku dengan kualitas yang lebih terjamin," ungkap Iqbal.

Salah seorang petani dalam sebuah video yang diterima, mengatakan dari awal memang sudah menggunakan konsep total organik. Dalam perkembangannya, kata dia, sempat dua kali terendam banjir.

"Sehingga kami mengganti bibit, kemudian melakukan treatment, mematuhi penyemprotan berdasarkan cara organik, ternyata setelah itu pulih, jadi kita dipertahankan oleh petani," ujar pria itu.

Menurutnya, pohonnya memang tampak kerdil. Namun hasilnya lumayan, selama ini belum ada yang busuk. Kemudian, terkait treatment dan lainnya, Bank Indonesia dua minggu yang lalu juga telah melatih tentang penggunaan Plant Growth Promoting Rhizhobacteria (PGPR). PGPR adalah adalah sejenis bakteri yang hidup di perakaran tanaman.

Sumber : KBA.One

Baca 747 kali Terakhir diubah pada Rabu, 01 Desember 2021 08:50
Burni

Mudahkanlah, jangan dipersulit!

Cari

Pengunjung

1680789
Hari ini
Minggu Lalu
Bulan lalu
Semua
266
1672775
33794
1680789

Your IP: 3.87.250.158
2022-01-24 05:55